Untuk membuat Algoritma Pembuat lingkaran dalam pemrogaman bahasa java dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut ini ;
1. Menentukan xc, yc, dan r (jari-jari)
2. Melakukan pengubahan posisi dengan
- p = 1 - r
x = 0
y = r
3. Pengulangan
Perulangan akan berhenti jika x > y
- Kondisi
Jika p < 0 maka, x + 1, y tetap dan p berubah menjadi p = p + (2* x) + 1
Jika tidak maka, x + 1, y - 1 dan p berubah menjadi p + *(x - y)) + 1
Contoh code :
//Nama File : Lingkaran.java
package lingkaran;
//Mengimport Class
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class Lingkaran {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
//Membuat Frame baru dengan nama Frame "Frame"
JFrame Frame = new JFrame("Algoritma Pembuat Lingkaran");
Frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
Frame.setSize(800,600);
Frame.setVisible(true);
Gambar Bulat = new Gambar();
Bulat.setxc(100);
Bulat.setyc(150);
Bulat.setr(50);
Frame.add(Bulat);
}
}
//Nama File : Gambar.java
//Membuat algoritma lingkaran
package lingkaran;
//Mengimport class
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
//Membuat Gambar.java
public class Gambar extends JPanel {
private int xc,yc, r;
public int getxc() {
return xc;
}
public int getyc() {
return yc;
}
public int getr() {
return r;
}
public void setxc(int xa) {
xc = xa;
}
public void setyc(int ya) {
yc = ya;
}
public void setr(int jarijari) {
r = jarijari;
}
//Metoda paint (Superclass)
public void paint(Graphics Bulat) {
int p = 1-r, x = 0, y = r;
//Memanggil metoda paint dari superclass + ubah warna
super.paint(Bulat);
this.setBackground(Color.BLACK);
Bulat.setColor(Color.GREEN);
while(x<=y) {
x++;
if (p<0) {
p+=2*x+1;
} else {
y--;
p+=2*(x-y)+1;
}
Bulat.drawRect(xc+x, yc+y, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc-x, yc+y, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc+x, yc-y, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc-x, yc-y, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc+y, yc+x, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc-y, yc+x, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc+y, yc-x, 1, 1);
Bulat.drawRect(xc-y, yc-x, 1, 1);
}
}
}
Hasil penghitungan algoritma :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar